Pages

GARAM DAPUR PENGGANTI DETERJEN PENCUCI PAKAIAN


Ini tentang praktek yang diajarkan (cie ..., diajarkan hehe ....) Mas Hendra Hendarin, mencuci pakaian dengan garam dapur. Aku tahu sih, bahwa busa yang melimpah tidak menjamin pakaian menjadi lebih bersih. Tetapi mencuci tanpa busa, rasanya gimanaaa gitu.
Tetapi sejak Mas Hendra posting tentang ini, aku tergelitik juga. Maka dua bulan yang lalu, untuk pertama kalinya aku mencoba. Meski agak berbeda cara. Versiku adalah: Taruh pakaian kotor dalam ember, siram dengan air. Kucek-kucek sebentar, peras. Kemudian siapkan ember dengan beberapa liter air (agar pakaian terendam dengan sempurna) yang dibubuhi 3 sendok teh garam. (Oh ya, karena aku tak memperoleh garam kasar atau garam krosok di pasar, maka aku menggantinya dengan garam kotak hehe .... Dan 3 sendok teh garam untuk 10 potong pakaian). Rendam pakaian yang sudah diperas tadi dalam larutan garam selama 10 - 15 menit, kemudian kucek sesuai selera haha.... (Maksudnya jika kita merasa baju kita tidak terlalu kotor, kucek sebentar aja. Toh hanya untuk mengusir keringat. Tetapi jika lebih dari itu, kuceklah lebih lama. Ajaib, efek garam sama dengan deterjen. Air rendaman keruh kehitaman akibat kotoran yang luruh. Jika sudah selesai, bilas dan jemur diterik matahari.

Keuntungan mencuci dengan larutan garam adalah, kita tidak perlu membilasnya beberapa kali untuk menghilangkan busa sabun yang melekat pada pakaian seperti halnya jika kita mencuci dengan deterjen. Jadi tidak boros air. Aku tidak mencucinya dengan mesin cuci, jadi hemat listrik. Harga garam yang relatif murah --- memungkinkan kita mengirit pengeluaran hehe .... So? Selamat Mencoba!!!

3 comments:

  1. Haloha..bu/pak ya??
    Mau tanya..perlu pelembut/pewangi lg kah??? Thanks buat sharingnya..pengen bgt nyoba..

    ReplyDelete
  2. Hanya direndam garam tanpa menyikat dengan sabun colek ya

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete