Pages

Aku Bukan Psikolog

Aku Bukan Psikolog.
Seorang teman menyangkaku psikolog. Ngotot sekali. Dan tanpa ampun ia membeberkan bergulung-gulung masalahnya. Aku sesak napas!
Teman,
Seperti kamu, aku pun punya masalah. Bahkan mungkin lebih banyak. Tetapi aku memutuskan untuk tidak mengumbarnya. Kenapa? Pertimbangannya adalah untung rugi. Mungkin beberapa orang akan bersimpati. Tetapi tak sedikit pula yang akan meremehkan, melecehkan dan lebih ekstrim lagi, akan ada orang yang nyukurin dan sangat bahagia dengan penderitaan kita.

Masalah seringkali membuat kita ingin mati. Tetapi masalah tak membuat kita benar-benar mati kecuali bunuh diri.
Aku menyimpan masalahku di dalam. Aku tak mau penderitaanku membebani banyak orang. Ditipu dan dikhianati, putus cinta, tak punya uang, kehilangan pekerjaan, banyak orang juga merasakan.
Jadi ...?
Jangan anggap penderitaan itu milikmu seorang. Hadapi masalahmu dan jangan pernah kehilangan harapan.

0 comments:

Post a Comment