Pages

Ducht Sate Kambing


Hobiku mengunggah foto-foto makanan, menarik perhatian seorang Bapak dari Alpen - Belanda. Dia ini sangat menyukai kuliner Indonesia. Yup, karena Henk Burg, nama lelaki familiar itu, pernah tinggal di Indonesia. Menikah dengan perempuan dari Brebes, Henk datang ke Indonesia setahun sekali untuk tinggal selama 3 bulan. Dia pernah mencicipi indahnya sebagai petani bawang dan peternak bebek, lho. Sayangnya, setelah 12 tahun pernikahan, istrinya meninggal. Sejak saat itu, Henk belum pernah sekalipun datang ke Indonesia lagi. Seakan ia ingin mengubur kenangan pahit yang dialaminya. Kenangan yang buruk menurut versinya. Tetapi tidak dengan makanannya. Beragam macam kuliner tetap lekat dalam ingatannya.

Dua hari lalu, dia mengirim resep yang diberi judul: Dutch Sate Kambing. Sebenarnya itu sate kambing biasa. Hanya saja karena resep ini datang dari negeri Belanda, maka diberilah nama Sate Kambing Belanda. Aku belum sempat membuatnya. Tapi dilihat dari bentuknya, aku yakin rasanya enak. Jadi, aku bagikan resepnya, ya. Siapa tahu kalian ingin mencoba!
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
Daging Kambing
Kecap
Sambal Botol
Krimer
Saus Kacang
Cara membuatnya:
- Rebus daging dengan air yang cukup. Proses perebusan ini berguna selain untuk mematangkan daging, juga untuk menghilangkan bau prengusnya. Angkat. Tiriskan.
- Potong daging sesuai selera dan tusukkan pada sebatang tusukan sate.
- Panggang sate dalam oven bersuhu rendah, sampai daging berubah warna dan lembut. Sajikan bersama saus kacang.
Saus Kacang: Campurkan kecap, sambal botol, krimer dan saus kacang jadi satu. Aduk untuk memperoleh kekentalan yang pas. Sajikan!


0 comments:

Post a Comment