Pages

SAMBEL

Sambel atau Sambal sangat akrab dengan kehidupan kita. Bagi mereka yang menyukai selera pedas, secara otomatis pasti akan menggemari sambel. Kalo bagiku sih, sambel membangkitkan selera makan. Aku hampir nggak bisa makan tanpa sambel. Campuran cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi dan garam, sangat nikmat di lidah. Bahkan ketika hanya berlauk kerupuk atau tempe goreng saja. Sebagai penggemar sambel, iseng-iseng aku googling untuk mengulik manfaat apa saja yang terkandung dari bahan-bahan pembuat sambel. Dan ini sedikit dari sekian banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.
1. Cabai atau cabe berkhasiat untuk mengurangi resiko kankerr dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
2. Garam berguna untuk menyeimbangkan tingkat keasaman gula dalam tubuh, membantu menstabilkan detak jantung yang tidak teratur serta membersihkan paru-paru dari lendir atau dahak yang lengket.
3. Terasi. Terasi yang terbuat dari udang rebon merupakan sumber protein hewani yang sangat baik. Protein merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4. Bawang Merah berguna untuk melancarkan buang air kecil dan BAB, menormalkan sistem syaraf usus, membantu kerja empedu dan mengurangi tekanan darah tinggi.
5. Bawang Putih sangat baik untuk menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes, menurunkan hipertensi serta merupakan antibiotik yangg kuat.
6.Tomat bermanfaat untuk melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan, memperkuat tulang, pencegah kanker yang efektif, pencegah diabetes alami, menajamkan penglihatan serta memperrkuat dan menyehatkan rambut.
Jadi mengkonsumsi sambel setiap hari tanpa berlebihan disinyalir mampu meningkatkan vitalitas tubuh. Pecaya? Harus!! Hahaha ....


0 comments:

Post a Comment